Selasa, 03 Januari 2017

PENYEDERHANAAN RANGKAIAN ( BAGIAN 3)

7.Ammeter , Voltmeter , dan Ohmmeter.

  • ·         Contoh yang baik tentang manfaat pembagi arus dan pembagi tegangan di tunjukan dalam desain instrument pengukuran dengan 2 terminal  seperti Ammeter (AM), Voltmeter (VM) dan Ohmmeter.
  • ·         AM ideal mengukur arus melalui terminal – terminalnya dan mempunyai tegangan nol pada terminal – terminalnya.

  • ·         VM ideal mengukur tegangan pada terminal – terminalnya dan mempunyai arus nol melalui terminal –terminalnya.

  • ·         Ohmmeter ideal mengukur resistansi yang di hubungkan antara terminal – terminalnya dan memberikan daya nol pada resistansi tersebut,

  • ·         Kita hanya membahas meter-meter ideal. Dalam praktek instrument – instrument pengukuran yang digunakan tidak ideal. Sebagai contoh : AM tidak ideal tidak mempunyai tegangan nol, pada terminal-terminalnya, VM tidak ideal tidak mempunyai arus nol pada terminal-terminalnya dan Ohmmeter tidak ideal tidak memberikan daya nol pada resistansi yang diukur terminal-terminalnya.

  • ·         Salah satu tipe AM popular terdiri dari suatu penggerak mekanik dikenal sebagai D’Arsonval meter. Sifat meter D’Arsonval ditentukan oleh arus skla penuh(full-scale current),yaitu arus yang menyebabkan meter tersebut membaca harga terbesar; biasanya dari 10µA sampai 10mA.

  • ·         Rangkaian ekivalen meter D’Arsonvalterdiri dari AM ideal seri dengan suatu resistansi Rm sbb:

·          

·       M = ammeter ideal , Rm =  resistansi kumparan listrik.
  • ·        Meter D’Arsonval pada gambar diatas digunakan untuk mengukur arus DC yang tidak lebih besar dari arus skala penuh ; Ifs. Misalkan kita ingin mengukur arus melebihi arus Ifs : kita tahu bahwa tidak dibenarkan arus melebihi Ifs melalui meter (AM) untuk hal ini perlu suatu resistansi Rp (//) untuk memperkecil arus yang melalui AM :


·          
Dengan pembagi arus diperoleh: Ifs = Rf / (Rm + Rf ) . Ifs

Dengan Ifs adalah arus yang menyebabkan Ifs melalui metr D’Arsonval. (Jelas, ini arus maksimum yang dapat diukur AM ).

Dapat diturunkan:

 Rf = Rm . Ifs / ifs - Ifs


  • ·         Sensitivitas arus suatu voltmeter dinyatakan dalam ohm per volt, adalah harga yang diperoleh dari hasil bagi resistansi voltmeter dengan tegangan skala penuh. Jadi : Rs / Vfs



Sumber : Rangkaian Eektrik 1  , disusun oleh Widowati S.,Ir


Tidak ada komentar:

Posting Komentar